Image and video hosting by TinyPic

Backlash, YouTube Rewind 2018 Mendapatkan 7,9 Juta Dislike, Kenapa?

Please log in or register to like posts.
News
Sudah nonton video YouTube Rewind 2018? Buat kamu yang belum tahu, YouTube Rewind adalah sebuah video promosi buatan YouTube Official yang berisi tentang highlight trend yang ada pada tahun tersebut. Tapi, dalam waktu 5 hari, YouTube Rewind tahun ini sudah berada di peringkat kedua dengan jumlah dislike terbanyak sepanjang sejarah, bray.
Hingga artikel ini dibuat, video “YouTube Rewind 2018: Everyone Controls Rewind | #YouTubeRewind” sudah ditonton lebih dari 104 juta kali dengan total like 2 juta dan 7,9 dislike. Wah, kok bisa ya? Sebelum membahasnya, yuk kita lihat videonya.

Dilihat dari konsepnya, YouTube Rewind kali ini nggak masuk dengan konsep YouTube Rewind yang seharusnya. Pertama, mereka nggak mengangkat sebuah konsep yang trend di tahun ini. Melihat kebelakang di tahun 2013, mereka mengambil tema “What Does 2013 Say?”, yang berasal dari lagu “What Does The Fox Say?” yang benar-benar viral pada tahun tersebut.
Sedangkan YouTube Rewind tahun ini, mereka mengambil tema “Everyone Controls Rewind”, yang pesannya ingin memperlihatkan kalau mereka mendengar para kreator konten dan para penontonnya dan menunjukan kalau Rewind tahun ini berasal dari keinginan para penonton YouTube.
Ini menjadi polemik karena di tahun ini, para kreator dipersulit dalam hal monetizing (cara kreator mendapatkan uang dari YouTube dengan meletakan kolom iklan dalam video mereka). Contoh yang paling hot nih, Casey Neistat, salah satu YouTuber kondang yang membuat komunitas YouTube banyak peminatnya ini harus mengalami demonetizing hanya karena video vlog-nya menyuarakan donasi untuk kampanye #LoveArmyLasVegas.
Sedangkan korporat yang menggunggah video dengan tujuan dan cara yang sama seperti dirinya masih memiliki akses monetizing atas video-nya tersebut. Ini juga yang membuat para kreator konten mempertanyakan, apakah YouTube kedepannya akan diprakasai oleh konten kreator yang mendedikasikan karyanya secara personal atau korporat yang membawahi ratusan atau bahkan ribuan staf untuk menciptakan konten. Yep, Youtube Rewind tahun ini seperti langkah kampanye seorang politikus yang sudah kehabisan akal bagaimana ia ingin kelihatan baik di mata orang-orang.
Kemudian, kita lihat cara pengemasan video ini. Hmm.. ‘membacakan’ komentar di depan api unggun, penggarapan musiknya tidak sekeren tahun-tahun sebelumnya (bisa jadi karena music label nggak kasih lisensi lagunya), tidak ada pembahasan unsur-unsur trending seperti STAN LEE, Pewdiepie vs T Series dan masih banyak lagi. Gue yakin video ini pasti bisa digarap jauh lebih baik dari konsep Fortnite dan transisi yang nggak asyik kayak ini.
Tanpa mengurangi hormat untuk YouTuber Indonesia seperti Gen Hallilintar dan SkinnyIndonesia24 yang masuk dalam YouTube Rewind 2018, kami mengharapkan YouTube Rewind 2019 bisa semakin memukau. Bagaimana menurut kalian? Tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!.
(YS)
Cover:

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *