Anti Panik, Ini 4 Tips Mengatasi Rasa Takut Saat Menghadapi Ujian Penting

Please log in or register to like posts.
News

Rasa takut saat menjelang ujian adalah hal yang normal dirasakan oleh semua orang, apalagi ujian tersebut adalah ujian penting yang menentukan langkah hidupmu selanjutnya, seperti ujian masuk sekolah, ujian SBMPTN, atau bahkan ujian masuk kerja. Meski sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, ketakutan itu tetap saja muncul. Ketakutan mengarah pada stres karena kamu merasa nggak cukup untuk mempersiapkan semuanya, sehingga menciptakan rasa cemas dan depresi dalam dirimu. Jika nggak diatasi, semua yang kamu persiapkan bisa saja nggak berguna.

Tenang, semua ini bisa diatasi, kok. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketakutan saat kamu menghadapi ujian yang penting.

Baca materi pembelajaran lebih awal

Mempersiapkan ujian dari jauh-jauh hari itu sangat penting. Semakin lama kamu meluangkan waktu untuk membaca materi yang akan diuji, semakin banyak juga materi-materi yang dapat kamu ingat. Jika kamu nggak memiliki banyak waktu, setidaknya mulai persiapkan diri mulai dari dua hari sebelum ujian agar kamu bisa lebih relaks dan tenang.

Buatlah jadwal sendiri

Hanya kamulah yang mengerti waktu yang paling efektif untuk kamu belajar. Buatlah jadwal belajar untuk dirimu sendiri. Penting untuk dipahami, kamu juga memiliki rutinitas sehari-hari selain belajar.

Berikan waktu tenang

Belajar terus menerus dalam waktu yang lama adalah hal yang melelahkan dan nggak sehat. Sisihkan juga untuk leisure time atau waktu santai agar kamu nggak penat karena belajar melulu. Cobalah cari hiburan sesaat seperti nonton YouTube atau streaming film series sebelum kembali belajar lagi. Atau jika kamu nggak memiliki banyak waktu, lakukan peregangan tubuh dan minum segelas air atau jus. Nyatanya, semua ini dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga kamu bisa semakin relaks.

Tidur yang nyenyak

Waktu tidur yang cukup itu sama pentingnya dengan waktu belajar. Tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Jika kamu kelelahan, kinerja otak nggak akan bekerja maksimal. Akhirnya, apa yang kamu sudah persiapkan nggak memberikan hasil yang optimal.

Munculnya rasa takut menjelang ujian merupakan hal yang wajar dan sering dialami setiap orang. Yang terpenting di sini adalah bagaimana kamu bisa menghilangkan rasa takut itu dan merubahnya menjadi sebuah kekuatan kamu untuk menghadapi ujian. Semoga tips di atas bisa bermanfaat untuk menghilangkan rasa takut kamu ketika ujian. Semangat, ya!

(YOH)

Cover: bustle.com

Reactions

0
2
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

2 comments on “Anti Panik, Ini 4 Tips Mengatasi Rasa Takut Saat Menghadapi Ujian Penting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *