Agar Hidup Lebih Bermakna, Ini Cara Gampang untuk Berbagi

Please log in or register to like posts.
News
Sering kali beberapa orang salah mempersepsikan antara hidup hemat dengan hidup pelit. Menurutnya, nggak mengeluarkan uang sama sekali itu adalah hidup hemat. Padahal, hemat nggak selalu menyimpan uang untuk dirinya sendiri, melainkan tahu bagaimana mengatur keuangan untuk segala prioritasnya, mulai dari kebutuhan sehari-hari, hiburan dan untuk berbagi.
Ya, dengan berbagi. Saat berbagi kita menyingkirkan perasaan mementingkan diri sendiri, sebab hidup bukan hanya selalu ‘aku’, tetapi ada ‘dia’, ‘kita’ dan ‘mereka’. Ingat, dengan berbagi hidupmu jadi lebih bermakna dan bermanfaat. Untuk kamu yang ingin lepas dari sifat pelit dan ingin hidup lebih berarti, yuk ikuti tips di bawah ini!
Traktir orang terdekatmu
Salah satu hal paling mudah untuk menumbuhkan rasa berbagi adalah mentraktir orang terdekatmu, seperti keluarga, sahabat, atau pacarmu. Jika biasanya kita sebagai anak selalu dibayarin papa mama, sekali-kali kamu bisa menabung untuk mentraktir orangtua dan saudaramu untuk makan bersama. Nggak usah ditanya, kita pasti senang kalau ditraktir oleh orang yang kita cintai, begitu pula dengan mereka. Selain itu, rasa senang yang mereka pancarkan juga bisa menjadi penyemangatmu agar bisa terus berbagi kepada orang lain.
Ikut kegiatan sosial
Ada banyak kegiatan sosial yang dinaungi dan diorganisir oleh anak muda. Nggak melulu cuma memberikan sembako atau makanan ke orang-orang yang membutuhkan, kamu juga bisa menghibur mereka yang ada di rumah sakit, panti asuhan dan panti jompo, mengajar untuk anak jalanan, atau bahkan pergi ke lapas-lapas untuk menjadi mentor sekaligus teman untuk para narapida agar mereka memiliki kehidupan yang lebih baik setelah keluar nanti. Daripada malas-malasan di rumah dan nggak ngapa-ngapain, mendingan berkontribusi untuk kehidupan masyarakat dan generasi yang lebih baik.
Berdonasi
Cara lain untuk menumbuhkan rasa berbagi yang ada dalam dirimu adalah berdonasi. Sisihkan uangmu untuk didonasikan kepada organisasi atau yayasan yang memang melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Nah, di ulang tahun yang ke-20, Cahaya Bagi Negeri (CBN), Yayasan yang juga menaungi Superyouth bakal melakukan event charity yang fun untuk seluruh kalangan, termasuk anak muda, nih!
CBN akan mengadakan CBN Fun Run. Event ini adalah ajang lari marathon yang mengajak semua orang untuk menjadi #HeroOfChange alias pahlawan perubahan bagi generasi muda di Indonesia. CBN Fun Run akan dilaksanakan dalam 4 kota besar di Indonesia, yakni Semarang, Medan, Manado dan Jakarta.
Eits, tunggu dulu… emang apa hubungannya berlari dan menjadi pahlawan perubahan? Nah, seluruh uang registrasi CBN Fun Run ini akan dipakai untuk mendukung kegiatan CBN dalam membentuk generasi muda menjadi pemimpin yang berkualitas, seperti pembangunan PAUD, beasiswa untuk siswa berprestasi dan masih banyak lagi. Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa langsung kunjungi: https://jawaban.com/cbnfunrun/
Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar hidupmu lebih bermakna dengan berbagi. Oh ya, berbagi juga bentuk dari rasa syukurmu terhadap Tuhan dan orang di sekitarmu, lho. Yuk, berbagi untuk Dunia yang lebih baik!
(YS)
Cover: Freepik

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *