GIMANA SIH CARANYA BANGUN HUBUNGAN YANG BAIK? (PART 3)

Please log in or register to like posts.
News

Shaloomm gais….

Gimana selama dua hari ini kita belajar tentang hubungan? Pastinya seru kan..!

Kita sudah belajar apa saja yang dibutuhkan untuk punya hubungan yang berkualitas, dan kita sudah belajar caranya membangun hubungan.

Nah, hari ini, kita akan bahas tiga nilai hidup yang harus kita punya ketika membangun hubungan. Apa aja sih? Yuk, caritahu bersama gais…

 

TIGA DASAR BERHUBUNGAN

Ketika membangun apapun, kita sangat membutuhkan dasar, termasuk ketika membangun hubungan. Karena, ketika tidak punya dasar, kita bisa goyah, yang akhirnya hubungan yang kita bangun malah merusak kita, bukannya membuat kita maksimal.

So, apa aja sih dasar yang perlu kita pegang dalam membangun hubungan?

PERTAMA, HONESTY (Kejujuran)

Siapa sih orang yang suka dibohongin? Pasti gaada dong. Karena itu, dalam membangun hubungan, kepercayaan itu penting, baik dengan orangtua, teman, bahkan lawan jenis. Namun, sayangnya kita suka menyepelekan kepercayaan, bahkan dalam hal kecil.

Contohnya, ketika kita telat pulang rumah karena bermain dengan teman, dan kita bilang kepada orangtua kita kalau ada kerja kelompok. Sepele sih, tapi tahu gak sih semua hal besar dimulai dari hal kecil. Jadi, sebelum kamu mengecewakan banyak orang dalam hubungan mu, yuk mulai bangun kejujuran.

KEDUA, MERCY (Belas Kasihan)

Gais, dalam hubungan, pasti banyak perbedaan. Secara, kita ini diciptakan unik dan berbeda oleh Tuhan. Namun, perbedaan ini kadang bisa banget memicu konflik. Nah, gimana caranya agar gak terjadi konflik? Miliki belas kasihan.

Apa sih maksudnya belas kasihan? Artinya, kita harus belajar mengutamakan orang lain daripada kita. Karena, jika dalam hubungan tidak ada yang mau mengalah, perbedaan akan menjadi pemecah. Jadi, penting banget miliki belas kasihan dan mengutamakan orang lain.

KETIGA, FORGIVENESS (Memaafkan)

Jangan lupa, dalam hubungan, pasti akan ada kesalahan terjadi. Entah kita yang berbuat salah, atau orang lain yang melakukannya. Karena itu, ini menjadi salah satu dasar yang penting dalam membangun hubungan, yaitu mau memaafkan dan meminta maaf kepada orang lain.

Mungkin akan terasa sulit, apalagi jika kita yang menerima luka paling dalam. Tapi ingat, Yesus sudah MEMAAFKAN, bahkan RELA MATI bagi kita, orang yang sering mengecewakanNya. Jadi, yuk belajar memaafkan dan meminta maaf. Memang berat, tapi kamu pasti bisa.

 

“MEMAAFKAN BERARTI INGAT, TAPI TIDAK MERASAKAN SAKIT LAGI!”

 

Kalau kamu merasa masih belum memiliki nila-nilai tersebut, ini waktunya berjuang untuk berubah dan berjuang. Jangan lupa, terus berdoa minta agar Tuhan mampukan kamu untuk berkata jujur, memiliki belas kasihan, dan mau memaafkan serta meminta maaf. Kamu pasti bisa!

Reactions

1
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *