7 Tips Mudah Ini Bisa Bikin Kamu Semakin Kreatif, Efektif, dan Produktif Saat Menekuni Passionmu

Please log in or register to like posts.
News
Kreativitas adalah salah satu hal esensial yang harus kamu miliki dalam semua pekerjaan. Hal ini menjadi penting karena di saat pekerjaan nggak berjalan sesuai rencana, kamu butuh kreativitas untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi. Nah, banyak cara bagaimana kamu bisa menjadi pribadi yang kreatif, efektif dan tentunya produktif.
Di bawah ini ada beberapa tips sederhana yang sangat mudah untuk diterapkan dan bisa membuat dirimu semakin efektif dan produktif dalam melakukan sesuatu, termasuk menekuni minat dan passion kamu.
Biasakan untuk memprediksi goals
Banyak orang mengatakan yang terpenting adalah memulai lebih dulu. Pikiran ini sering disalah artikan dengan tidak memikirkan apa tujuan atau goal yang ingin dicapai. Sebaiknya, biasakan menentukan visi dari setiap hal yang ingin kamu mulai. Selain membuat efektif karena memiliki tujuan yang jelas, visi juga akan mendorong dirimu untuk terus konsisten produktif hingga semua hal tersebut tercapai.
Proaktif
Menjadi proaktif berarti menjadi orang yang tidak menolak segala kesempatan yang diberikan untuk berkembang. Kamu harus melihat, segala tugas yang diberikan nggak akan sia-sia. Selain itu kamu juga tidak boleh cepat puas dengan keadaan saat ini, sehingga kamu akan terus memacu dirimu ke arah yang semakin baik.
Gunakan hikmat dan kepekaan
Agar menjadi orang yang kreatif, efektif, dan produktif, kamu harus memiliki kesehatan secara jasmani dan rohani. Semua ini tentu bisa dilatih, tentunya dengan terus mengasah otakmu dalam bidang yang ingin atau sedang kamu geluti. Contohnya, saat kamu ingin terjun ke dunia musik. Melatih kemampuan dalam bermain musik saja nggak cukup. Kamu juga harus melatih pengendalian emosi saat berada di atas panggung dan terus mendekatkan diri kepada Tuhan agar memiliki kedamaian.
Belajar memahami orang lain
Dengan memahami orang lain, kamu bisa melihat potensi dan kemampuan mereka dalam membantumu mencapai visi. Maksudnya bukan memanfaatkan orang lain, lho ya. Belajar memahami orang lain ini berarti kamu mengerti bagaimana kamu harus bersikap, bagaimana kamu harus mengontrol dirimu dalam merespon tekanan dari luar, sehingga kamu terus konsisten dalam mengerjakan apa yang menjadi passion kamu. Pahamilah orang lain dan berusahalah untuk melihat melalui sudut pandangnya.
Bangun pemikiran yang saling menguntungkan
Mencari keuntungan pribadi dengan menjatuhkan orang lain nggak akan membuatmu bertahan lama di posisi teratas dalam hidupmu. Mungkin saat ini kamu berada sebagai posisi superior, namun ada saatnya kamu juga akan ditarik ke bawah karena orang yang dendam terhadapmu. Lupakan kepentingan pribadi yang terlalu egois. Tetapi sebaliknya, berusahalah memutuskan segala sesuatu untuk mendapatkan win-win solution.
Dahulukan apa yang menjadi prioritas
Jangan biarkan segala aktivitasmu tumpang tindih sehingga membuatmu bingung dengan apa yang ingin kamu kerjakan. Buatlah jadwal sederhana mengenai apa yang harus dikerjakan terlebih dulu dan tentunya jangan menunda-nunda.
Bersinergi dengan orang lain
Pepatah mengatakan, “Satu lidi mudah dipatahkan, seikat lidi sulit dihancurkan.” Mungkin kamu bisa meraih semuanya sendirian, namun jika kamu bersinergi dengan orang yang memiliki visi yang sama denganmu, semuanya lebih mudah dan ringan sehingga kamu lebih efektif dalam mengejar visi tersebut.
Itulah tujuh tips simpel untuk menjadi orang yang kreatif, efektif dan produktif dalam mengejar passionmu. Jadi, sudah siapkah untuk menjadi pribadi kreatif, efektif dan produktif?
(YS)
Cover: brandquarterly.com

Reactions

0
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *