7 Negara yang Sudah Pernah Memindahkan Ibu Kotanya. Apakah Indonesia Akan Segera Menyusul?

Please log in or register to like posts.
News
Bukan kabar baru lagi kalau ibu kota negara Indonesia akan dipindahkan. Walaupun belum tahu kota mana yang akan terpilih, hal ini tentu bukan hal yang mudah diterima oleh masyarakat karena akan banyak sekali dampak yang terjadi. Pro dan kontra pun sudah mulai bermunculan akibat ide yang satu ini.
Namun masalah seperti ini ternyata sudah pernah dihadapi oleh beberapa negara, lho. Seperti dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada tujuh negara yang pernah memindahkan ibu kota negaranya.
Source: tokyotreat.com
Jepang
Sebelum pertengahan abad ke-19, Kyoto merupakan ibu kota Jepang. Namun, karena dinilai terlalu eksklusif dan nggak terbuka pada perubahan dunia serta modernisasi, maka Tokyo yang lebih terbuka pada perdagangan dan dunia barat pun dipilih menjadi ibu kota hingga sekarang.
Source: CoinDesk
Malaysia
Kalau kamu mengira Kuala Lumpur adalah ibu kota Malaysia, kamu salah besar. Sebab sejak tahun 1999, ibu kota negara Malaysia sudah berpindah ke Putrajaya. Alasan pemindahannya adalah karena tingkat kemacetan yang sangat tinggi sehingga sudah tidak efektif lagi. Namun, gedung parlemen dan pusat perdagangannya masih tetap berada di Kuala Lumpur.
Source: prosperity.com
Pakistan
Negara Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kota negaranya dari Karachi ke Islamabad pada tahun 1959. Tahukah kamu, hanya butuh sekitar dua tahun untuk membangun Islamabad menjadi sebuah ibu kota yang maju.
Source: Traveller.com.au
Brasil
Guys, Rio de Janeiro bukanlah ibu kota negara asal tari Samba ini. Sejak tahun 1960, ibu kota Brasil adalah Brasilia. Ibu kota yang kini kamu lihat adalah hasil desain dari arsitek bernama Oscar Niemeyer. Pemindahan ibu kota Brasil sendiri bertujuan untuk mengembangkan wilayah-wilayah yang masih terbelakang.
Source: WebHeaderMyanmar.jpg
Myanmar
Pemindahan ibu kota Myanmar dilakukan pada tahun 2005 berdasarkan keputusan dari pemimpin junta militer Jenderal Than Shwe. Uniknya, nggak ada penjelasan yang pasti kenapa ibu kota Myanmar, Yangoon, dipindahkan ke Naypyidaw.
Source: guardian.ng
Nigeria
Lagos merupakan ibu kota Nigeria yang terdahulu. Namun, pada tahun 1991 ibu kota negara ini dipindahkan ke Abuja agar terjadi pemerataan penduduk.
Source: embassynvisa.com
Tanzania
Negara Tanzania pernah memiliki ibu kota yang bernama sempat memiliki ibu kota bernama Dodoma. Namun, Dodoma justru kalah berkembang dengan kota Dar es Salaam yang terletak sejauh 450 kilometer dari Dodoma. Walau sudah dipindahkah sejak tahun 1970-an, proses pemindahan belum sepenuhnya sempurna karena Majelis Nasional Tanzania tetap berada di Dodoma dan semua kedutaan asing serta kantor pemerintahnya sudah berada di Dar es Salaam.
Nah, bagaimana dengan Indonesia?
(ERN)
Cover: edelweiss-travel.com

Reactions

1
0
0
1
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *