5 Tips Ini Bisa Membuatmu Dapat Predikat Temen Curhat Terbaik

Please log in or register to like posts.
News
Hidup ini memang nggak terlepas dari masalah, mulai dari masalah dengan keluarga, pasangan, teman, bahkan sampai masalah pelajaran di kampus atau di sekolah. Salah satu hal yang bisa membuat masalah ini jadi lebih ringan adalah bercerita ke orang terdekat atau curhat.
Tapi nggak semua orang bisa jadi temen curhat yang baik, lho. Bukannya bikin lega, mereka malah bikin makin tertekan dan memperburuk masalah kita. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu pakai supaya kamu bisa menjadi pendengar yang tepat untuk semua orang terdekatmu
Source: joinonelove.org
Dengarkan sampai selesai
Cara paling mendasar supaya kamu jadi temen curhat yang pro adalah mendengarkan curhatan temenmu sampai selesai. Jangan memotong pembicaraan saat mereka sedang terbuka untuk bercerita denganmu. Jangan gegabah mengambil kesimpulan sebelum mereka selesai bercerita. Ingat, mereka bercerita untuk mengeluarkan uneg-uneg mereka, bukan mendengarkan judge-judge yang justru membuat mereka semakin down.
Source: liveabout.com
Bantu mereka melihat perspektif yang berbeda
Lihatlah masalah temanmu itu dari sudut pandang yang objektif, tidak memihak dan netral. Bantu mereka melihat sisi positif dari masalah yang saat ini mereka hadapi, namun bukan berarti melarang mereka untuk meluapkan perasaan negatif yang saat ini ada dalam hati mereka seperti menangis, marah, dan stress relieve lainnya. Jangan masuki pikiran mereka dengan opini-opini yang nggak mendasar dan dangkal pemikiran. Justru disaat ia sedang dikuasai oleh emosi dan mengesampingkan logika, kita harus bantunya melihat konsekuensi dari setiap pilihan yang akan ia putuskan.
Source: tamly.blog
Jangan jadi hakim untuk mereka
Semua orang pasti bisa salah, tapi mereka juga punya kesempatan buat berubah jadi lebih baik. Begitu juga dengan orang yang sedang curhat denganmu. Jika mereka bercerita mengenai kesalahan mereka, bantu mereka untuk berubah. Jangan biarkan dirinya terjebak dengan rasa bersalah dan merasa tidak memiliki harapan. Dengan support kamu, mereka pasti merasa tidak sendirian.
Source: rd.com
Jadilah orang yang apresiatif
Beri mereka apresiasi karena sudah bercerita denganmu. Sekedar, “Thanks ya sudah cerita sama gue. Apa yang bisa gua lakuin biar lo bisa lebih baik?” mungkin bisa membuat perasaan orang ini jauh lebih baik. Selain itu, pasti butuh keberanian dan kepercayaan yang cukup tinggi sampai dia bisa memutuskan untuk cerita kepadamu. Nah, tugasmu adalah yakinkan orang tesebut, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
Source: imgpile.com
Jangan ambil keputusan untuknya
Ajak mereka untuk bercerita dengan Tuhan. Biar Tuhan yang memberikan solusi terbaik untuknya, karena hanya Tuhan yang tahu keputusan terbaik untuk temanmu. Setelah itu, biarkanlah mereka mengambil keputusan sendiri dalam pikiran dan emosi yang tenang. Boleh memberi saran buat untuknya, tapi bicaralah sesuai dengan konteks masalah mereka dan fokus langsung ke intinya. Saran yang panjang belum tentu efektif dan kadang terkesan berlebihan dan omong kosong.
Nah, itulah beberapa cara buat menjadi teman curhat terbaik. Jangan segan-segan buat praktikkan saat orang terdekatmu cerita ya.
(YS)
Cover: thesocialman.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *