5 Tips Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Mudah Membaca Buku

Please log in or register to like posts.
News
Banyak yang bilang kalau zaman sekarang makin banyak orang yang cuek, nggak peduli sama perasaan orang lain, kurang berempati, dan masih banyak lagi. Tahu kah kamu, salah satu penyebabnya bisa jadi karena kurangnya minat membaca buku.
Dalam penelitian The New School for Social Research menyebutkan bahwa jika kamu membaca buku(terutama buku fiksi), ini bisa membantu kamu untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dari pemaparan di buku tersebut. Wow! Lalu, gimana dong caranya supaya bisa memulai minat untuk membaca? Ini tipsnya.
Mulai dengan hal-hal yang berkaitan dengan hobimu
Coba pikirkan salah satu hobi kamu, tokoh idola, atau benda langit yang kamu sukai. Setelah itu cobalah mencari judul-judul buku yang berkaitan dengan hal itu. Setidaknya, jika dimulai dengan apa yang kamu sukai akan memudahkan kamu memahami isinya nanti.
Hindari buku yang tebal
Saat ini kamu ingin menumbuhkan minat baca, jadi nggak perlu langsung membaca buku dengan ratusan halaman. Yang terpenting adalah kamu bisa membaca dengan konsisten hingga akhir halaman buku tersebut. Cari buku dengan huruf yang cukup besar dan jaraknya tidak terlalu rapat. Ini bisa memudahkan kamu untuk berkomitmen menyelesaikan buku pilihanmu hingga akhir.
Naik level perlahan-lahan
Jika sudah merasa bosan dengan buku yang sejenis, tingkatkan kesulitan bacamu dengan membaca buku-buku yang lebih tebal seperti novel atau biografi. Biasanya buku-buku ini bisa menghanyutkan kamu ke dalam alur ceritanya yang kadang-kadang terkait dengan cerita hidup kamu. Jadi, bisa lebih mendalami deh.
Membaca di tempat favorit kamu
Bosan membaca di rumah? Pergi saja ke kafe-kafe yang memiliki suasana yang tenang. Dengan alunan lagu yang lembut dan aroma kopi yang menyeruak di seluruh ruangan, dijamin bakalan betah berlama-lama sambil membaca buku. Selain kafe, taman-tman kota juga bisa menjadi pilihan yang menarik, lho.
Buat ringkasan dari buku yang kamu baca
Setelah selesai membaca, cobalah tuliskan kembali hal-hal yang kamu dapatkan dari buku yang kamu baca. Nggak perlu membuatnya seperti laporan, buatlah semenarik mungkin agar apa yang kamu baca dan pahami nggak hilang begitu saja. Mau menggunakan spidol warna-warni atau buku polos berwarna coklat yang klasik? Bebas. Yang penting kamu bisa menuangkan apa yang kamu pikirkan dengan nyaman.
Setelah melakukan semua tahap ini dengan konsisten, dijamin kemampuan dan minat baca kamu akan meningkat. Jangan lupa juga untuk terus mencatat progresnya, ya! Cheers.
(ERN)
Cover:

Reactions

1
1
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *