5 Sifat ini Membuatmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

Please log in or register to like posts.
News

Selain mengejar mimpi, hidup akan lebih bermanfaat dan bahagia jika kita bisa berdampak untuk orang lain. Namun, meski membuat orang lain senang, perbuatan baik yang kamu lakukan bisa berdampak buruk untuk orang tersebut, lho.

Dampak buruk yang seperti apa? Akhirnya kamu akan merasa dimanfaatkan dan mulai enggan untuk melakukan hal baik. Ada baiknya, kamu kenali lima sifat yang membuatmu berpotensi untuk dimanfaatkan orang lain.

 

Terlalu mudah percaya

Ketika menjalin pertemanan, biasanya kita akan saling mempercayai satu sama lain. Ini memang hal baik karena sebuah pertemanan memang harus dilandaskan dengan rasa saling percaya. Tapi, mempercayai teman juga harus menggunakan logika dan akal sehat. Jika terlalu mudah percaya begitu saja, kamu akan rentan dibohongi dan dimanfaatkan untuk kepentingan dirinya sendiri. Atau yang lebih parah lagi, kamu bisa dijebak dan dijadikan kambing hitam dari perbuatan jahat yang dilakukannya.

 

Cepat baper

Beberapa dari kita mungkin memiliki perasaan yang cenderung lembut, mudah sekali bersimpati, dan merasa tersentuh hatinya. Kamu harus berhati-hati, ini bisa membuatmu dimanfaatkan oleh orang lain, lho. Nggak jarang orang yang mulai mengenalmu akan menciptakan suasana yang dapat menyentuh hatimu sehingga kamu termanipulasi dengan emosi yang mereka ciptakan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

 

Terlalu berkompromi dengan kesalahan

Saat kamu terlalu berkompromi dengan kesalahan atau perilaku buruk orang lain terhadapmu, mereka jadi nggak segan untuk menyakitimu kembali. Memaafkan memang harus, karena nyatanya memaafkan orang lain itu sangat bagus untuk menjaga hubunganmu dengan orang lain maupun kesehatan mentalmu. Namun, saat kamu nggak memberikan konsekuensi dari apa yang dilakukannya, mereka nggak akan segan untuk kembali melakukan hal yang sama terhadapmu. Mereka berpikir, kamu adalah pribadi yang lemah yang mudah untuk ditindas dan dimanfaatkan.

 

Bersikap berlebihan saat mendapat pujian

Nggak ada orang yang nggak suka untuk mendapat pujian dari orang lain. Itulah mengapa banyak sekali orang yang melakukan yang terbaik agar mendapatkan penghargaan dari orang lain. Sisi buruknya, nggak sedikit juga orang yang bibirnya ringan memberikan pujian guna memanfaatkan orang yang haus terhadap pujian. Bisa saja mereka memujimu karena ia memiliki maksud tertentu terhadapmu. Oleh sebab itu, jangan mudah terjatuh dalam bujuk rayu orang lain. Meski senang, jangan berlebihan dalam menerima sebuah pujian.

 

Dibutakan dengan cinta

Ketika jatuh cinta dengan seseorang, segala sesuatu yang kamu lakukan untuk orang tersebut akan terasa menyenangkan. Namun, jika terlalu cinta dengan orang yang nggak baik, kamu bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang nggak baik juga. Setelah kebutuhannya terpenuhi darimu, ia akan membuangmu begitu saja. Ingat, nggak sedikit dari mereka yang kehilangan kesempatan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik karena ia dibutakan dengan rasa cintanya kepada orang lain. Sehingga saat mereka menyadari kalau hanya dimanfaatkan, semuanya sudah terlambat.

Jika kamu memiliki setidaknya satu dari lima sifat-sifat diatas, mulai ubah dirimu dari sekarang. Nggak ada kata terlambat. Yuk, jadilah orang yang cerdas. Jangan lupa berdoa, minta hikmat dan pertolongan dari Tuhan untuk melakukan segala sesuatu. Pastinya, Tuhan akan menolong dan menyertaimu senantiasa dari si jahat. Semangat, ya!

(YS/ERN)

Cover: psypost.org

Reactions

0
0
2
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *