Image and video hosting by TinyPic

5 Pola Pikir Ini Bikin Belajar di Sekolah Makin Efektif

Please log in or register to like posts.
News

Di dunia ini ada orang yang sukses tanpa menempuh pendidikan formal di sekolah. Namun, dari jutaan orang nggak lebih dari 0,5 persen yang seberuntung itu. Oleh karena itu, sekolah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua orang jika memiliki kesempatan. Karena dengan bersekolah, kita akan mendapatkan ilmu dasar yang dibutuhkan untuk melanjutkan hidup dalam jenjang karier sesuai minatmu.

Tapi, bisa jadi kamu mungkin sepakat dengan pemikiran banyak orang: nggak semua ilmu di sekolah bisa diterapkan dalam kehidupan nyata. Nah… sebelum kamu mengatakan kalau kamu membenci sekolah, ada lima pemikiran yang harus kamu tanamkan agar kehidupan sekolahmu menjadi lebih efektif.

 

Ilmu bisa kamu dapatkan di mana pun

Banyak hal yang tanpa disadari bisa kamu dapatkan saat sekolah, seperti belajar cara berkomunikasi dengan teman sebayamu, belajar menghormati guru yang tentunya jauh lebih tua darimu, belajar disiplin waktu, komitmen dalam menyelesaikan tugas kewajiban, serta hal-hal lainnya. Namun, jika kamu lelah dengan sistem belajar mengajar di sekolah, jangan stres. Banyak hal menyenangkan sekaligus positif yang bisa kamu dapatkan di luar proses belajar di kelas seperti pengembangan rohani, peminatan hobi, dan lain sebagainya. Selain menambah ilmu, hal-hal ini pasti bisa mengembalikan mood kamu agar bisa kembali semangat untuk sekolah.

 

Fokuskan pada bidang yang ingin dikuasai

Sistem pendidikan di Indonesia membuat kita mempelajari begitu banyak ilmu pengetahuan. Terkadang karena nggak bisa kita kuasai, beberapa nilai yang kita dapatkan relatif rendah dan dicap memiliki intelegensi yang kurang. Tenang, itu nggak benar, lho! Semua orang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Ada yang pandai melukis, menulis, merakit, atau pun keahlian khusus lainnya. Misalnya jika kamu suka dengan merakit mobil mainan Tamiya, jangan ragu untuk mendalaminya. Siapa tahu suatu saat, ketertarikanmu terhadap merakit mobil ini bisa membuatmu menjadi engineer atau desainer mobil canggih kebanggaan Indonesia di kemudian hari. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan ilmu lainnya. Kenapa? Karena nggak menutup kemungkinan, ilmu bahasa yang kamu nggak suka ini bisa sangat berguna untuk kehidupanmu kedepannya. Begitu juga dengan ilmu lainnya.

 

Jangan pelit ilmu dalam bertukar pikiran

Sekolah di beberapa daerah Indonesia masih terkesan ‘primitif’. Banyak murid yang dipaksa untuk menyetujui apa yang gurunya katakan dalam kelas. Padahal setiap orang memiliki persepsinya masing-masih dan seharusnya bisa diungkapkan sewaktu belajar di kelas. Sekolah seharusnya menjadi wadah yang paling asyik mengasah dan bertukar pikiran. Jangan takut untuk bertanya banyak sesuai dengan bidang yang dipelajari. Di sisi lain, jika ada beberapa pemikiran yang nggak sepaham denganmu, perdebatkanlah hal tersebut dengan pemikiran yang terbuka. Selain menambah ilmu, hal ini juga akan melatihmu untuk berani menyuarakan pendapatmu di depan umum (Sekaligus belajar untuk merendahkan hati jika kamu salah).

 

Cari pergaulan yang sehat dan aktivitas yang positif

Selain mendapatkan ilmu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk bertemu banyak orang. Coba bergaul dengan dengan teman-teman di kelasmu, kakak kelas, maupun adik kelas. Punya banyak teman nggak berarti kamu harus menjadi dekat dengan mereka semua. Kamu tetap harus selektif dalam memilih teman dekat. Bukan sekadar jadi teman bergosip, tapi lakukanlah hal-hal positif sesuai dengan kapasitas kalian sebagai anak sekolah. Misalnya, seperti membuat band bersama, membentuk tim voli, dan lain sebagainya.

 

Wawasan dan pengetahuan jauh lebih penting dari nilai tinggi

Percuma jika kamu mendapatkan nilai tinggi tapi akhirnya nggak paham dengan apa yang kamu kerjakan. Ingat, ilmu dan wawasan lebih penting dan lebih berguna di masa depan, ketimbang nilai tinggi yang diraih dengan cara curang. Jadi, akan lebih baik kalau kamu juga tetap menikmati proses belajarnya bukan hanya sekadar menyusun strategi untuk mendapatkan nilai yang sempurna dengan cara yang nggak tepat.

Itulah lima pola pikir yang seharusnya mulai ditanamkan sewaktu bersekolah. Yuk, semangat mengejar ilmu!

(YS/ERN)

Cover: Moyan Brenn/flickr.com

Image and video hosting by TinyPic

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *