Image and video hosting by TinyPic

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Kamu Berdampak untuk Orang Lain

Please log in or register to like posts.
News
Mahatma Ghandi, Mother Theresa, dan Nick Vujicic terkenal dengan kutipan-kutipannya yang dapat membuat orang lain termotivasi dan terinspirasi. Bahkan, hampir semua orang pasti akan mendengarkan dengan seksama saat mereka mengucapkan sesuatu.
Namun sadarkah kamu, yang membuat mereka menjadi tokoh inspiratif ternyata bukanlah dari apa yang mereka ucapkan, melainkan dari apa yang mereka alami dan perbuat dalam hidupnya. Perbuatan dan tindakan baik yang mereka lakukan secara konsisten itulah yang bisa dicontoh dan menjadi teladan untuk kita semua.
Nggak cuma mereka, kamu pun juga bisa didengar dan menjadi dampak bagi sekitar lingkunganmu. Nah, inilah beberapa hal yang dapat membuatmu menjadi orang inspiratif untuk lingkungan sekitar.
Semua melihat perbuatan, bukan perkataan
Kalau ingin menjadi panutan orang lain, praktikkanlah apa yang sudah kamu ucapakan kepada orang lain. Sangat penting memberikan contoh yang baik mengenai cara berperilaku ketimbang sekadar berucap. Jangan sampai kata-kata yang kita ucapkan nggak selaras dengan apa yang kita lakukan.
Berani mempertanggungjawabkan kesalahan
Menjadi teladan nggak mesti jadi sempurna, tetapi harus menunjukkan kalau semua orang bisa melakukan kebaikan, atau setidaknya bertanggungjawab terhadap kesalahan yang sudah dilakukan. Sangat alamiah apabila kita melakukan kesalahan. Maka seharusnya kita mengakui perbuatan itu dan meminta maaf, bukan pura-pura tidak ada yang terjadi. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyesal dan ingin berubah.
Kita nggak bisa menyenangkan semua orang
Dalam sebuah kehidupan, pasti kamu akan berada dalam suatu titik dimana kamu harus memilih, dimana keberpihakanmu berada. Tunjukkanlah apa yang menurutmu benar disertai dengan argumen yang matang. Misalnya saat kamu mengatakan tidak, tunjukkan kalau penolakkan yang kamu lakukan didasarkan dengan pertimbangan yang menurutmu logis sekaligus benar secara hati dan nurani.
Berpegang teguh pada prinsip
Jangan sekali-kali berkompromi dengan prinsip hidupmu sendiri. Saat kamu telah membuat aturan, kamu harus patuh jika ingin mendapatkan hormat dari orang lain. Hal ini akan menunjukan kalau kamu adalah pribadi yang tegas meski terhadap dirimu sendiri dan nggak mudah dipengaruhi orang lain. Di sisi lain, kamu juga harus selalu menghormati dan mempertimbangkan pendapat orang lain yang juga memegang teguh prinsip hidupnya. Jangan pernah memaksakan aturanmu dalam hidup orang lain tanpa pemikiran yang matang terlebih dahulu.
Rendah hati dalam segala hal
Rendah hati adalah salah satu sifat yang dapat membuatmu menjadi sosok sempurna sebagai tokoh inspiratif. Kamu nggak perlu bersikap semu alias bersikap seolah kamu selalu benar. Hidup adalah tentang belajar dari kesalahan dan berusaha memperbaikinya. Untuk jadi teladan, kita nggak boleh membuat orang lain merasa buruk atau sulit memberikan pujian terhadap kesuksesan orang lain. Dengan rendah hati, kita akan terus belajar untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih baik.
Itulah 5 hal yang perlu kamu pikirkan saat ingin menjadi teladan untuk lingkungan sekitarmu. Percayalah, segala hal yang kamu lakukan jauh lebih berdampak ketimbang celotehan ‘inspiratif’-mu. Yuk, sama-sama menjadi anak muda inspiratif!
(YS)
Cover: thriveglobal.com

Reactions

0
0
0
2
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *