Image and video hosting by TinyPic

5 Hal Ini Wajib Diketahui Mahasiswa Baru di Awal Masa Perkuliahannya

Please log in or register to like posts.
News
Banyak sekali orang yang menanti-nantikan masa perkuliahan, apalagi untuk mereka yang baru saja resmi lulus dan terlepas dari kewajiban menggunakan seragam putih abu-abu setiap harinya. Siapa nih yang sudah nggak sabar untuk mendalami pelajaran peminatan dan mendapat teman baru selama perkuliahan?
Nah, agar benar-benar efektif selama awal kuliah, kamu wajib tahu dan praktikkan 5 hal di bawah ini!
Gali informasi tentang jurusanmu
Mencari informasi lebih detail tentang jurusan yang akan kamu pelajari di perkuliahan itu penting dilakukan. Selain memantapkan pilihan, wawasanmu terhadap berbagai cabang dalam jurusan yang kamu pilih semakin luas. Mungkin kamu memutuskan masuk DKV karena suka gambar, namun ternyata dunia DKV ini nggak sesempit hanya menggambar saja. Begitu juga dengan jurusan lain.
Kenalan dengan sesama mahasiswa baru
Ini memang sulit untuk kamu yang pemalu atau membutuhkan waktu lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun zona nyaman ini sesekali harus diterobos, lho. Nggak perlu sebanyak-banyaknya, namun setidaknya cari kenalan antar sesama mahasiswa baru (maba). Selain memperluas jaringan pertemanan, ini bisa jadi informasi yang banyak membantu kalian.
Ikuti kegiatan pengenalan kampus
Jangan sungkan untuk ikut kegiatan pengenalan kampus dan menjadi maba yang aktif, terutama kamu yang pernah aktif di keorganisasian tingkat SMA. Banyak hal yang bisa kamu eksplorasi dalam kegiatan pengenalan kampus, mulai dari pengalaman seru hingga informasi-informasi menarik lainnya yang dibagikan oleh panitia kepengurusan orientasi mahasiswa. Namun, kamu juga harus hati-hati jika kampusmu masih membudayakan sistem perpeloncoan pada maba, ya.
Mencari bimbingan dasar dengan kakak tingkat
Beberapa orang cenderung merasa kaget dengan pelajaran baru di perkuliahan karena biasanya nggak didapati dalam bangku SMA. Mencari kakak tingkat atau senior yang bisa memberi bimbingan yang tepat untuk mahasiswa baru seperti kamu sangatlah penting. Bukan berarti harus PDKT dengan senior, namun mereka bisa menjadi sosok yang memotivasi dan memberi sudut pandang mengenai suka duka dalam jurusan yang kamu ambil. Melalui cerita dan bimbingan mereka, kamu akan jauh lebih paham dan dapat menempatkan diri lebih baik untuk memulai dunia perkuliahan.
Jangan takut untuk belajar diluar jurusanmu
Meski sebagian ada yang terpaksa, semua orang pasti memiliki sudah tujuan tersendiri hingga akhirnya ia masuk ke jurusan yang dipilih saat ini. Jangan kecewa dan merasa sedih, karena ilmu yang kamu dapatkan di bangku perkuliahan itu begitu luas dan nggak terpaku dengan mata pelajaran. Yang perlu kamu pertanyakan dalam diri, untuk apa kamu berkuliah? Saat kamu terbatasi dengan jurusan, apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu dalam mempelajari sesuatu sesuai minat, apa yang seharusnya kamu hindari dan tidak lakukan. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus kamu rumuskan dan ingat baik-baik agar selama kamu berkuliah, kamu nggak merasa sia-sia dan membuang waktu.
Memang menjadi maba bisa bikin deg-degan dan sedikit panik. Namun jika kamu tahu cara menikmati dunia perkuliahan dengan cara yang positif, keseruan-keseruan yang ada pasti akan membuat hidupmu jadi jauh lebih berwarna. Semangat memulai dunia perkuliahan, ya!
(YS/ERN)
Cover: travel.taichung.gov.tw
Image and video hosting by TinyPic

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *