5 Hal Ini Pasti Kamu Rasakan Saat Hidup Sendiri. Ngaku, Deh!

Please log in or register to like posts.
News
Siapa yang sedang menyiapkan segala keperluan untuk kuliah? Yep, mungkin beberapa dari kita harus meninggalkan keluarga dan kota kelahiranmu dan tinggal sendiri. Akan banyak hal yang bisa dirasakan ketika mulai memutuskan untuk hidup mandiri, baik suka maupun duka. Sebelum memasuki babak baru dalam hidup, apa yang akan dirasakan saat tinggal sendiri nanti, ya?
Merasa bebas
Saat hidup bersama keluarga, semuanya pasti diatur oleh orang tua. Namun ketika diharuskan untuk hidup sendiri, maka hal pertama yang pasti dirasakan adalah kebebasan untuk melakukan sesukannya.
Mulai lebih paham soal kebutuhan hidup
Jika di rumah semua kebutuhan kamu sudah tersedia, sekarang kamu harus bertanggung jawab terhadap apa yang kamu perlukan. Banyak ha yang akan kamu pelajari, mulai dari menghemat uang makan, membeli perlengkapan mandi, isi token listrik secara berkala, mencuci pakaian dan lain sebagainya.
Belajar bertanggung jawab
Jika dilihat kasat mata, hidup sendiri tampaknya terlihat mudah. Namun, bertanggung jawab pada diri sendiri bukanlah hal yang mudah, terlebih jika biasanya semua diatur dan dilakukan oleh orang tua. Banyak yang harus ditangani, seperti menjaga kesehatan atau inisiatif untuk berobat dan mengobati diri sendiri, dan lain sebagainya. Dari hal tersebutlah seseorang mulai bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.
Lebih mengenal diri sendiri
Ketika mulai hidup sendiri, secara nggak sadar kita akan lebih mengenal diri kita sendiri. Hidp sendiri memang cenderung membuat kita memiliki waktu lebih banyak untuk sendiri. Waktu inilah biasanya pikiran-pikiran seperti apa yang benar-benar ingin kamu inginkan dalam hidup sering muncul.
Merasa kesepian
Meski awalnya terasa menyenangkan, lambat laun pasti kamu akan merasakan home sick atau kesepian. Terlepas bagaimana hubunganmu dengan keluargamu, perasaan rindu akan keluarga pasti akan muncul. Jika sulit menahan rindu, jangan ragu untuk menelepon atau video call keluargamu di rumah. Setidaknya rasa rindumu sedikit terobati saat kamu bisa mendengar suara dan tahu bagaimana kabar mereka disana.
Walau terlihat menyenangkan, tinggal sendiri memang bukan hal yang mudah. Namun ini juga bisa menjadi tantangan yang menarik untuk menuju tahap pendewasaan dalam hidupmu. Semangat, ya!
(YS/ERN)
Cover: proximus.be

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *