4 EFEK BAHAYA SERING DIBANDING-BANDINGIN! – KOK AKU TERUS DIBANDINGIN SIH? (PART 1)

Please log in or register to like posts.
News

Shalom gais…

Gaada orang yang seneng dibandingin, termasuk kita anak muda. Karena itu, minggu ini Superyouth pengen bahas tentang KOK AKU TERUS DIBANDINGIN SIH? yang akan membantu kita semua yang punya problem dengan disbanding-bandingin. Apa ya yang akan kita pelajari hari ini? Yuk, check this out

4 EFEK BAHAYA SERING DIBANDING-BANDINGIN!

Semua orangtua pengen banget yang terbaik bagi anak mereka. Termasuk, ketika orangtua membandingkan mereka dengan orang lain. Tapi, kadang orangtua lupa bahwa itu tidak selalu baik. Sehingga, anak tidak menangkap perasaan sayang tersebut, dan malah berefek terhadap mereka.

Apa saja sih efeknya?

#1 GAK PERCAYA DIRI

Keluarga adalah tempat kita hidup, tinggal, dan berproses selama masa muda mereka. Jadi, ketika orangtua di rumah selalu membandingkan, kita pasti sangat mudah untuk gak percaya dengan apa yang kita lakukan. Lebih buruknya, kita malah jadi orang yang sangat takut gagal loh.

#2 GAK BISA JADI DIRI SENDIRI!

Nah, karena kita tidak ingin gagal, kita akhirnya berusaha sebisa mungkin untuk mengikuti semua orang yang orangtua kita bandingkan. Hasilnya, kita gak pernah bisa menjadi versi terbaik dari diri kita, dan gak bisa ketemu potensi kita yang sebenarnya. Karena kita selalu berpatokan dengan orang lain.

Contoh, karena kamu sering dibandingin sama anak yang pintar matematika, kamu belajar matematika mati-matian. Padahal, kamu jago banget main musik. Tapi, karena mama papa lebih menghargai kamu jika kamu pintar matematika, kamu akan mengejar kemampuan matematika mu dan tidak mengasah kemampuan bermusik mu loh. Bahaya banget kan?

#3 SAKIT HATI DAN DENDAM

Untuk beberapa anak yang gak bisa menerima dibanding-bandingkan, pasti akan mudah sakit hati dan dendam dengan perlakuan orangtua kita. Kita dipaksa untuk jadi orang lain, dan menggunakan kekerasan, baik secara verbal ataupun tindakan. Itu pasti akan melahirkan rasa sakit dan dendam bagi kita.

#4 PENGEN BUNUH DIRI!

Nah, yang terakhir, dan paling berbahaya, adalah perasaan pengen bunuh diri. Kok bisa sih? Salah satu alasannya adalah karena merasa hidup mereka gak berguna, karena gak mampu menyenangkan orangtua dan menjadi seperti yang mereka mau. Wah, bahaya banget ya…

Terus, apa aja sih yang bisa kita lakukan, agar kita bisa menang dari keempat efek tersebut?

Kalau kamu pengen tahu, yuk stay tune disini ya gais.

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Who liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *