4 Barang Ini Harus Kamu Hentikan Pemakaiannya Sekarang Juga!

Please log in or register to like posts.
News
Menurut Costumer Product Safety Commission, sekitar 33,1 juta orang di Amerika Serikat terkena dampak negatif dari beberapa produk rumah tangga, setiap tahun. Dampak negatif yang dimaksud adalah mulai dari kerusakan properti, cidera, sampai kematian.
Peneliti percaya, semua dampak negatif ini terjadi karena zat kimia yang terkandung dalam peralatan rumah tangga yang kita gunakan sehari-hari, lho. Meskipun terkesan praktis, ada baiknya kita harus hindari dalam menggunakan beberapa barang ini demi kesehatan bersama, lho. Hmm, apa saja sih?
Source: guide.michelin.com
Produk styrofoam
Pasti sudah sering kan mendapatkan broadcast dari kerabat atau keluarga mengenai dampak negatif dari barang praktis ini? Kamu nggak boleh tinggal diam, karena ini bukan pesan hoax dan harus kamu tanggapi dengan serius. Styrofoam mengandung styrene, bahan kimia beracun yang menyebabkan kanker, masalah pengelihatan, gangguan pendenganran dan kerusakan sistem saraf. Zat ini akan menempel dalam makanan atau minuman panas kamu saat kamu menggunakan styrofoam menjadi wadah. Bisa bayangkan dong, bagaimana zat ini masuk kedalam tubuh kamu.
Source: Alodokter
Obat nyamuk
Obat nyamuk nggak cuma berbahaya untuk nyamuk doang. Nyatanya, ‘obat’ yang harusnya memberikan efek menyembuhkan ini justru malah berakibat buruk untuk kesehatan kamu. Penelitian mengatakan, 1 obat nyamuk bakar sama dengan asap 75-137 batang rokok. Jumlah ini membuat semua makhluk hidup, termasuk manusia terpapar risiko besar terkena berbagai penyakit paru-paru.
Source: statefarm.com
Produk yang mengandung antibakteri
Banyak produk antibakteri yang menggunakan elemen triclosan. Penelitian menunjukan, zat triclosan ini justru menjadi penyebab berbagai penyakit mematikan. Selain itu, zat ini juga nggak bagus untuk lingkungan. Untungnya, sejak September 2016, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat sudah melarang penggunaan triclosan dalam produksi sabun.
Source: Archiexpo
Produk berbahan kayu
Efek dari sebuah meja kecil yang ada di sudut kamarmu nggak selucu kelihatannya. Gimana nggak, hampir semua produk kayu dibuat dengan bantuan resin yang mengandung urea-formaldehyde. Zat ini bakal keluar jika berada dalam ruangan yang panas dan lembab. Paparan zat urea-formaldehyde jangka panjang ini dapat menyebabkan penyakit paru-paru, asma, bahkan kanker.
Tenang, artikel ini bukan untuk menakut-nakuti kamu, kok. Pada intinya, kita harus berhati-hati dan selalu membaca apa yang terkandung dalam setiap produk tertentu. Nggak perlu takut dan tetap selalu jaga kebersihan, ya!
(YS)
Cover: Grist

Reactions

1
1
1
0
1
0
Already reacted for this post.

Reactions

1
1
1
1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *