Seperti Ant-Man, Ilmuan MIT Wujudkan Teknologi Pengecilan Ukuran Objek Menjadi Nyata

Please log in or register to like posts.
News
Masih ingat dong film superhero Ant-Man? Dalam film itu, saat Scott Lang mengenakan uniform Ant-Man, dia bisa mengecil hingga seukuran semut atau bahkan ukuran nano. Nah, ide film buatan MCU (Marvel Cinematic Universe) ini ternyata sudah berhasil diwujudkan oleh para ilmuan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).
Melalui laporan ilmiah yang diterbitkan oleh MIT, mereka telah menemukan cara untuk menysustkan sebuah objek hingga ke skala nano. Mereka menyebutnya implosion fabrication process. Penelitian ini dimulai dengan menggunakan sampel polyacrylate, sebuah polimer super absorben yang biasanya ditemukan pada popok bayi.
Langkah pertama dalam proses implosion fabrication ini adalah dengan menambahkan larutan carik ke sepotong poluacrylate yang menyebabkan objek membengkak. Kemudian, mereka menggunakan laser untuk mengikat molekul fluorescein ke polyacrylate. Molekul-molekul itu akan bertindak sendiri sebagai titik jangkar untuk bahan apapun yang ingin disusutkan para peneliti ke skala nano.
Yang paling menariknya, metode ini juga bisa dilakukan untuk mengecilkan objek biologis hingga skala nano, lho! Iya, perutmu itu bisa dikecilkan… eh, maksudnya nggak menutup kemungkinan kalau peralatan canggih seperti alat-alat dalam film Ant-Man atau senter pengecil objek -nya Doraemon bakal dibuat kedepannya!
“Banyak orang telah mencoba menciptakan peralatan yang lebih baik untuk membuat nanomaterial yang lebih kecil selama bertahun-tahun. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan cara ini,” cetus profesor neuroteknologi sekaligus ketua peneliti MIT Edward Boyden.
Hmm, kira-kira kapan ya mereka akan merilis alat yang praktis buat mengecilkan objek? Kan keren juga tuh kalau kita bisa melihat pekarangan rumah kita lewat perspektif semut atau terbang menunggangi burung, hehehe.
(YS)
Cover: dev.geeq.id

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *