Malas di Musim Hujan? Bisa Jadi Kamu Mengalami Seasonal Affective Disorder!

Please log in or register to like posts.
News
Cuaca hari-hari ini lagi enak banget ya buat nyantai di kamar. Hujan, dingin, pokoknya asyik banget untuk melanjutkan tidur. Yah, namanya juga musim hujan. Tapi, tahu nggak sih kamu kalau malas-malasan musim hujan ini ternyata merupakan gejala gangguan mental lho, gengs!
Seasonal affective disorder atau disingkat SAD adalah sebuah gangguan pengendalian mood atau emosi yang membuat penderitanya mengalami depresi saat bekerja dalam cuaca dingin. Menurut Norman Rosenthal, profesor psikiater klines dari Geogretown University School of Medicine, kalau kamu memilih untuk malas-malasan waktu musim hujan, ini bisa mengganggumu secara kesehatan.
Kata Profesor Norman, keputusan kamu untuk tidur adalah keputusan terburuk untuk kesehatan tubuh kamu. “Lebih baik lakukan hal lain selain tidur, seperti kegiatan yang membuat tubuh dan mata kalian mendapatkan cahaya dan lakukan kegiatan yang lebih aktif,” katanya, dikutip dari Health.
Source: AccuWeather.com
Tapi, SAD bukanlah sesuatu yang berbahaya sampai bisa mengurangi umur kamu, kok. Penyakit ini mudah banget buat diobati. Kamu cukup pakai terapi cahaya, yaitu memaparkan tubuh dan mata kamu dengan cahaya cukup, terutama cahaya matahari. Gampangnya, kamu tinggal keluar rumah, lakukan aktivitas yang berfaedah sambil nikmatin cahaya matahari yang jarang nongol di musim hujan kayak gini.
Kalau emang kesusahan dengan terapi cahaya, kamu bisa lakukan olahraga rutin biar nggak stres. Dikutip dari Life Hacker, gerakan olahraga yang diulang terus menerus secara kontinu bisa meningkatkan kadar neurotransmiter di otak kamu nih.
Nggak salah sih kalau sesekali malas-malasan, toh kamu butuh istirahat juga ditengah padatnya aktivitasmu. Tapi, kalau malas-malasannya sudah kelewat batas wajar, hal ini juga nggak akan baik buat masa depanmu nanti. Jadi, semangat beraktivitas ya!
(YS)
Cover: mashable.com

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *