Ngiler Waktu Tidur? Bisa Jadi Tanda Kalau Kamu Lagi Nggak Sehat, Tuh!

Please log in or register to like posts.
News
Ngiler waktu tidur memang nggak asyik banget, ya. Apalagi, hal ini bikin malu banget kalau terjadi pas kita ketiduran di kereta atau lagi nginep bareng sahabat kita. Terlepas dari kejadian memalukan ini, ternyata ngiler itu bisa jadi indikasi juga kalau ada masalah di dalam tubuh kamu. Hah, yang benar? Kalau nggak percaya, nih coba cek sederetan daftar di bawah ini.
Alergi
Kalau beberapa dari kamu alergi terhadap makanan, debu atau alergi rhinitis, maka jumlah produksi air liur dalam mulut kamu bakal meningkat, bahkan saat kamu tidur. Nah, makanya pas kamu tidur, iler-nya ngalir kemana-mana.
Infeksi sinus
Infeksi sinus ini emang mengganggu banget buat penderitanya, terutama buat bernapas dan menelan sesuatu. Saat sedang tidur, hidung kita bakal tersumbat sama lendir dan susah bernapas. Akibatnya, tanpa sadar mulut kita akan terus terbuka dan akhirnya, air liurnya becek sampai ke pipi-pipi deh.
GERD
GERD atau nama panjangnya gastroesophageal reflux dieases ini adalah aktivitas asam lambung yang naik sampai ke tenggorokan. Akibat dari aktivitas ini, kelenjar air liur otomatis akan memproduksi air liur secara berlebihan untuk menetralkan kadar asam yang sampai ke dalam mulut. FYI, GERD adalah gangguan pencernaan di mana isi perut penderitanya mengalir balik lagi ke esofagus dan bisa ngerusak lapisan di organ tubuh tersebut. Gejalanya, GERD akan bikin kamu seperti memiliki benjolan besar di dalam tenggorokan.
Tonsilitis
Nah, untuk yang ini cukup membahayakan nih, Superyouth. Tonsilitis terjadi karena kelenjar amandel di tenggorokan mengalami radang. Hal ini membuat amandel kamu membengkak dan mengganggu masuknya air liur ke tenggorokan. Jadinya, air liur bakal ngumpul aja tuh di mulut dan siap meluber kemana-mana. Kalau infeksi sudah parah, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi pencabutan amandel, lho.
Nah itulah beberapa penyebab medis, kenapa kamu bisa ngiler-ngiler pas waktu tidur. Ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan ke dokter. Siapa tahu, ‘penyakit’ ngiler kamu ini bisa sembuh dan nggak takut tengsin lagi deh kalau ketiduran di tempat publik.
(YS)
Cover: SleepSugar

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *