Jangan Anggap Sepele Hal Ini. Bisa-bisa Kamu Terjerat Hukum Dunia Maya

Please log in or register to like posts.
News
Superyouth, pernah nggak sih kalian melakukan sesuatu hal yang melanggar hukum secara nggak disengaja? Contohnya nggak meggunakan helm atau nggak membawa surat-surat berkendara lengkap saat mengendarai motor, kita langsung tahu kalau kita salah.
Tapi, tahu nggak sih apa yang mungkin pernah atau saat ini masih kamu lakukan di internet bisa membuat kamu berurusan sama hukum? That’s why, kamu wajib tahu hal-hal yang berkaitan dengan hal itu.
Source: vpnMentor
Torrent
Sebenarnya, aktivitas torrent ini bukan perbuatan yang ilegal. Karena, secara pengertiannya, aktivitas torrent ini merupakan salah satu cara berbagi data secara online. Biasanya, para downloader saling membantu agar file data semakin mudah diunduh dan nggak memberatkan orang yang mengunggah. Tapi, kegiatan ini jadi disalahgunakan karena kebanyakan situs torrent justru digunakan banyak orang untuk membagikan file yang memiliki sertifikat hak cipta, sehingga untuk aktivitas unggah dan unduh menjadi hal-hal yang berkaitan dengan hukum. Hati-hati, ya!
Source: Norton
Cyberbullying
Untuk kamu yang masih suka meledek orang lain di media sosial, lebih baik berhenti mulai dari sekarang! Akhir-akhir ini, cyberbullying atau pelecehan secara verbal maupun non-verbal di dunia maya makin marak terjadi. Ya, contoh kasusnya di kolom komentar Instagram atau yang paling terkenal, kolom komentar Line Today. Kalau ada yang berkomentar karena ‘sotoy’, dengan mudahnya para netizen ‘maha tahu’ ini mencemooh dan membodoh-bodohi orang yang belum pernah ditemunya. Bahkan, nggak jarang mereka persekusi karena merasa ‘dilecehkan’. Padahal, semua ini bisa jadi salah satu bukti untuk menjerat orang lain dengan menggunakan UU ITE.
Source: komputermedia.com
Layanan streaming TV nggak resmi
Ternyata, nonton film atau Kdrama kesayanganmu lewat layanan streaming nggak resmi juga dapat membuat kamu terjerat dalam kasus yang sama seperti torrenting. Game of Thrones misalnya, dianggap sebagai salah satu acara televisi berbayar HBO yang paling banyak ditonton via layanan streaming non resmi.
Source: MyThemeShop
Ad Blockers
Waktu sekolah atau kuliah, pasti annoyed banget deh sama yang namanya iklan pop-up yang keluar waktu kamu lagi mencari data atau artikel buat pendukung laporan kamu. Nah, ad blocker lah salah satu jawaban kita biar terbebas dari rasa jengkel karena virus pop-up. Kalau dari sisi kita sebagai pengunjung web, hal ini membantu banget. Di sisi lain, hal ini justru mematikan bisnis “ad sense” untuk laman tersebut. Buat saat ini, memang pihak Kominfo belum mempermasalahkan penggunaan Ad Blocker di Indonesia. Tapi, penggunaan ad blocker ini justru sudah masuk ke status ilegal di negara Tiongkok. Wah, berat juga ya.
Itulah beberapa hal yang mungkin kamu anggap sepele, namun ilegal di dunia maya. Memang di Indonesia belum memiliki aturan ketat yang mengatur perselancaran dunia maya. Tapi, nggak ada salahnya kita mengikuti semua aturan ini. Selamat berselancar!
(YS)
Cover: starshellstudent.com

Reactions

3
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

3

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *