Tanggal Keramat untuk Para Jomblo. Ini Kisah Dibalik Tanggal 11 November

Please log in or register to like posts.
News
Superyouth, kamu sudah tahu kan kalau hari Minggu kemarin adalah Hari Belanja Online Nasional? Iya, promo-promo serentak oleh platform belanja online ini mengacu pada Harbolnas yang diperingati pada 11 November kemarin. Tapi ternyata, di tanggal yang sama, dunia juga memperingati Single’s Day secara serentak, lho.
Iya, hari itu adalah hari yang diperingati khusus untuk kamu para jomblowan dan jomblowati yang betah hidup sendirian, tanpa pasangan.  Peringatan ini sebenarnya berasal dari negara Tiongkok. Mereka menyebutnya Guanggun Jie.
Sebenarnya, awal terbentuknya hari peringatan ini adalah salah satu bentuk protes mahasiswa Nanjing University tentang Hari Valentine. Di hari tersebut, para jomblo di Tiongkok diajak untuk bangga dengan kesendirian mereka.
Pengambilan 11 November ini juga punya maksud, gengs. Penyusunan angka pada tanggal “11.11” atau susunan empat angka 1 ini diartikan sebagai seseorang yang berdiri sendirian secara individu. Nah, hubungannya sama hari belanja online nasional dengan hari jomblo sedunia apaan, yak?
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Single’s Day merupakan peringatan agar para single di dunia dapat menikmati kesendirian mereka. Nah, kebahagiaan ini dimunculkan dengan berbagai pesta lajang di beberapa tempat hiburan dan memberikan kebebasan belanja untuk mereka.
Belanja dan berpesta bersama sesama jomblo dianggap sebagai wujud menyenangkan diri sendiri bagi mereka yang tidak mempunyai pasangan. Selain itu, hal ini juga merupakan wujud kebebasan dalam menggunakan pengeluaran, yang sebenarnya cukup sulit dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki pasangan.
Kemudian, hari jomblo ini juga disebut sebagai Hari Belanja terbesar di Tiongkok. Diskon besar-besaran yang diberikan oleh toko-toko online menjadi tawaran yang sangat menggiurkan untuk para online shopper. Pokoknya, hari itu adalah surga buat para konsumen, maupun para pedagang online.
Saking boomingnya di Tiongkok, perayaan Hari Jomblo ini akhirnya juga diadaptasi oleh negara-negara lain, salah satunya Indonesia. Nah, itulah kenapa Harbolnas dan Hari Jomblo Sedunia memiliki hubungan yang erat. Selamat Hari Jomblo Sedunia!
(YS)
Cover: marketingland.com

Reactions

2
0
3
1
2
0
Already reacted for this post.

Reactions

2
3
1
2
Who liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *