Buat Kamu Pecinta Kpop dan KDrama Pemula, Istilah Ini Wajib Kamu Tahu!

Please log in or register to like posts.
News
Buat kamu yang baru kenal dan suka dunia Kpop, nggak jarang perbincangan kamu dengan fans Kpop ‘garis keras’ menjadi pembicaraan yang nggak nyambung. Bukan karena pembahasannya, justru penggunaan bahasa dan istilah asing yang mereka gunakan di telinga.
Biar makin hatam sama dunia per-Kpop-an dan nggak cuma “oppa” atau “noona” yang kalian pakai, ini istilah-istilah populer yang harus kamu tahu biar makin asik pas ngobrol bareng!

Aegyo
Istilah ini sering muncul di reality show televisi Korea Selatan. Aegyo adalah istilah untuk aksi imut yang dilakukan oleh seseorang. Aegyo ini biasanya dilakukan para idol saat melakukan challenge. Walau hal ini populer, nggak semua idol suka dan bisa melakukan aegyo, lho.
Source: sweetanne974.tumblr.com
Andwae!
“Andwaeee!” kata ini sering banget diucapkan Lee Kwang Soo pada saat ia bermain di variety show Running Man. Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Andwae artinya “no way”. Tapi, dalam pemakaiannya andwae digunakan seperti “Noooooo….” pada saat scene tangan Luke Skywalker dipotong oleh Dart Vader, hahahah.
Source: Gifer
Bias
“Bias lo siapa?”. ‘Bias’ ini dengan bias yang diartikan secara harafiah berbeda lho, gaes. Bias disini artinya aktor atau idol favorit kamu, merujuk pada satu individu, bukan grup.

 

Source: source.gif
Body rolls
Body rolls ini adalah gerakan tarian seksi yang dilakukan oleh idol Kpop, khususnya para fans perempuan yang histeris kalau idol boyband mereka melakukan hal ini.
Source: Giphy
Hwaiting!
Kalau kalian suka mendengar “ganbatte kudasai” dari Jepang, “hwaiting” adalah kata untuk membakar semangat dari Korea, yang artinya “fighting” dalam bahasa Inggris.
Source: giphy.com
Hallyu
Dilansir dari korea.net, hallyu adalah sebutan untuk tersebarnya gelombang pop-culture Korea yang berkembang di dunia secara global. Gelombang ini nyatanya sudah berkembang sejak tahun 1990an.

 

Source: Giphy

Kkab

Kalau kamu mendengar “Kkab” yang diucapkan aktor dalam drama Korea yang kamu suka, kata ini artinya “pecicilan”, gengs. Kata ini merupakan istilah saat kamu melihat seseorang yang enerjik berlebihan hingga membuatmu kelewat kesal.
Source: ongssi.tumblr.com
Jeongmal
Sama seperti “nani!?” dalam bahasa Jepang, “jeongmal!?” dalam bahasa Korea juga artinya “WHAT!?” dalam bahasa Inggris. Biasanya orang Korea Selatan mengungkapkan ketidakpercayaan dan keraguan dengan menggunakan kata ini.
Source: Giphy
Maknae
Nah, dalam beberapa grup idol Kpop banyak muncul istilah ini. “Maknae” diterjemahkan sebagai anggota termuda atau si bungsu dalam sebuah kelompok ataupun keluarga.
Source: Gfycat
Mat-seon
Dalam Kdrama, “mat-seon” adalah istilah buat blind dating atau kencan buta formal yang direncanakan oleh masing-masing orang tua yang menjodohkan. Istilahnya kayak kisah siti nurbaya, tapi nggak se-ngenes itu, kok.
Source: Gifer
Omo!
Kalau ini, beberapa teman ‘fanatik’ Korean pop-culture pasti sering banget nih mengucapkan hal ini. Biasanya mereka latah mengucapkan hal ini saat sedang kaget. Meskipun nggak ketemu artinya dalam kamus bahasa Korea-Inggris, konon katanya “Omo” dapat diartikan “OMG!” dalam bahasa Inggris.
Source: Giphy
Ottoke?
Kalau kamu dengar percakapan orang Korea, “ottoke?” merupakan ekspresi panik atau kebingungan, seperti mengatakan apa yang harus dilakukan.
Nah, sekarang udah tahu kan artinya? Dihafalkan ya biar makin gaul di kalangan Kpop-ers lainnya!
Cover: Allkpop

Reactions

1
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

1

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *