Hati-Hati! Pura-Pura Bahagia Bisa Memicu Gangguan Bipolar!

Please log in or register to like posts.
News
Bipolar disorder atau gangguan bipolar bisa terjadi oleh siapa saja. Seleb dalam negeri seperti Marshanda dan pelantun lagu “All I Want for Christmas Is You”, Mariah Carey adalah beberapa dari artis yang mengidap penyakit ini. Bahkan, akibat dari Bipolar yang cukup ekstrim, Robin Willams memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di saat depresi menyerangnya secara tiba-tiba.
Apa sih bipolar?
Gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis,misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung. Nama lain dari gangguan bipolar adalah manik depresif.
Ada 2 fase dalam gangguan bipolar, yaitu fase naik atau mania dan fase turun atau depresi. Pada periode mania, penderita terlihat sangat bersemangat, enerjik dan berbicara cepat. Sedangkan pada periode depresi, penderita akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.
Penyebab bipolar
Sampai saat ini, penyebab terjadinya bipolar belum bisa diidentifikasikan secara ilmiah. Namun, beberapa pendapat ahli mengatakan, kondisi ini bisa disebabkan karena sering memaksakan diri untuk terlihat bahagia, padahal kamu lagi marah atau sedih banget. Lama-kelamaan, jiwa kamu akan kehilangan kontrol alamiah untuk melakukan shifting-mood. Kenapa? Karena kamu sering memaksakan diri buat pura-pura bahagia!
Gimana solusinya?
Buat kamu yang merasakan perubahaan mood, stress dan depresi secara dadakan, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan psikolog atau psikiatris. Tujuannya adalah untuk menurunkan frekuensi terjadinya mood yang berubah-ubah secara drastis agar kamu bisa hidup normal dan membaur dengan lingkungan.
Selain memperbaiki pola hidup, penanganan ini biasanya disertai dengan obat-obatan dan terapi psikologis, seperti terapi perilaku kognitif.
Jadi, nggak ada salahnya buat memeriksakan kondisi psikologis kamu secara berkala. Dan yang perlu diingat, jujurlah dengan kondisi perasaan kamu. Carilah orang yang menurutmu tepat untuk menceritakan masalah yang sedang kamu hadapi. Atau kamu bisa cerita via Line @superyouth.id atau via Whatsapp di 08179942600. Dan buat kamu yang butuh respon cepat, kalian bisa telepon 150-0224, 24 jam. Kami sangat terbuka untuk menjadi sahabat disaat kamu sedih ataupun susah. Be strong together, my friend!
Cover: avalonmalibu.com

Reactions

5
2
2
0
5
0
Already reacted for this post.

Reactions

5
2
2
5

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *