Bukan Sekadar Jadi Pahlawan, Ini Dia Peran Lain Seorang Atlet

Please log in or register to like posts.
News

Beberapa waktu lalu, terjadi kejadian nggak mengenakkan yang datang dari empat orang kontingen Asian Games cabang Basket asal Jepang. Mereka tertangkap basah melakukan sebuah transaksi seksual di daerah Blok M, Jakarta. Akibatnya, mereka pun segera dipulangkan ke negara asalnya.

Kejadian ini jelas saja mencemari nama baik negara mereka. Salah satu dari atlet tersebut pun mengaku nggak bisa lagi membayangkan untuk bermain basket di kemudian hari. Seperti pepatah Indonesia yang bilang karena nila setitik rusak susu sebelanga. Kejadian ini jelas saja menjadi peringatan untuk para atlet lainnya.

Superyouth, pada dasarnya atlet nggak hanya berperan penting di lapangan untuk mendapatkan sebuah medali. Inilah peran seorang atlet yang seharusnya dipahami.

 

Seorang duta untuk negara

Source: Goal.com

Mungkin banyak orang yang nggak mengenal negaramu, kota tempat kamu lahir, siapa kamu, dan sebagainya. Tetapi, menjadi seorang atlet sama saja menjadi seorang duta atau wajah yang dapat mencerminkan seperti apa negaranya. Seperti yang diutarakan oleh Sheikh Ahmad al-Fahad al-Sabah, presiden Dewan Olimpiade Asia, yang dikutip pada laman channelnewsasia.com, seorang atlet itu harus menjadi simbol yang baik untuk masyarakat karena ada generasi yang besar (yang mengikuti mereka). “Intinya, mewakili negara bukan hanya soal memenangkan medali,” ujarnya.

 

Guru kehidupan yang lebih relevan

Source: kampiun.id

Tanpa sadar, para atlet menjadi guru kehidupan untuk banyak orang. Sebut saja Lalu Muhammad Zohri, Supriadi, dan yang paling baru adalah Jafro Megawanto, peraih emasdari cabang Paralayang. Kisah hidup mereka mengajarkan generasi selanjutnya tentang apa itu bekerja keras, meraih mimpi, dan nggak mengandalkan materi. Mereka benar-benar memulai semuanya dari bawah. Ini adalah hal-hal yang nggak bisa didapatkan di buku pelajaran di sekolahmu pastinya.

 

Teman curhat untuk berbagi pengalaman

Source: tirto.id

Nggak jarang atlet yang menjadi teman bahkan sahabat bagi para pendukungnya. Bukannya sok jadi artis, tapi kepedulian dan visi yang sama membuat mereka bisa menjadi teman yang baik untuk para pendukungnya. Mereka bahkan nggak segan berbagi ilmu kepada para pendukungnya yang memiliki cita-cita yang sama. Jadi ingat cerita antara David Beckham dan Harry Kane, ya? Harry Kane dulunya adalah fans berat Beckham saat menjadi kapten Inggris, lho.

 

Motivasi kehidupan di masa datang

Source: merdeka.com

Kamu yang memiliki idola seorang atlet pasti akan sangat terinspirasi dengan kehidupannya sehari-hari. Belum lagi kata-kata dari mereka yang jelas banget bisa memotivasi hari-hari kamu saat merasa gagal. Inilah kenapa sebagai seorang pribadi atlet juga termasuk sebagai influencer. Kehidupan mereka tentu nggak sempurna, oleh sebab itu kamu juga harus pintar mengambil yang baik-baiknya saja, ya.

 

Pahlawan bagi negara di lapangan

Source: sport.bisnis.com

Nah, kalau ini sih memang sudah menjadi peran utama seorang atlet. Mereka adalah orang yang bisa kita andalkan untuk membawa nama harum bangsa dan negara kita. Menang atau kalah bukan hal yang utama, melainkan bagaimana prosesnya. Kamu sebagai pendukung juga harus bisa belajar mencintai mereka bukan hanya kalau mereka memenangkan pertandingan saja, melainkan juga saat mereka kejatuhan mereka. Jadi, sudah siap belum untuk memberikan dukungan sepenuh hati bagi pahlawanmu?

Jadikan momen Asian Games di tanah air kita ini pelajaran yang berharga ya, guys! Sebarkan kebaikan, dukung mereka yang berjuang.

(ERN)

Cover: merdeka.com

Reactions

2
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

2

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *