Biar Nggak Salah, Ini Nih Tips Cara Makan Sushi ‘In Proper Way’

Please log in or register to like posts.
News

Sushi adalah makanan Jepang yang disajikan dengan nasi cuka yang dikombinasikan dengan berbagai variasi bahan, seperti seafood dan sayuran. Seiring perkembangan zaman, makanan ini juga semakin dikenal dan menjadi makanan favorit di kalangan Asia, termasuk di Indonesia.

Superyouth, gimana sih cara kamu makan sushi? Apa kamu makan sushi pakai wasabi yang diaduk sama kecap jepang? Atau nasi dan toping ikannya dipisah atau bahkan nasinya nggak dimakan?

Ternyata, cara-cara diatas itu salah lho, gaes. Makan sushi itu memiliki cara-cara khusus yang membuat cita rasa sushi semakin enak, sekaligus sebagai cara kita menunjukan rasa hormat kita terhadap chef sushi yang udah bikin makanan enak ini, Superyouth.

Nah, berikut akan dibeberkan nih table manner makan sushi yang benar.

 

Choose your ‘weapon’

Source: quericavida.com

Sebelum makan sushi yang udah disajikan di piring kamu, kamu punya 2 pilihan, makan pakai sumpit atau langsung pakai jari-jemari kamu. Tenang, pakai jari-jemari kamu nggak menurunkan rasa kesopanan kamu kok di restoran Japanese dish. Justru, menggunakan jemari adalah cara tradisional orang Jepang dalam memakan sushi lho, gengs. Tapi, jangan lupa cuci tangan sebelum makan ya, biar cacing-cacing di perut nggak nambah saudara, hahaha.

 

Angkat sushi dengan lembut

Source: hayamasushi.com

Bentuk sushi yang rapuh memang sengaja dirancang sama chef sushi lho. Selain biar nasi nggak terlalu padat dan jadi terlalu berat, temperatur nasi bisa terjaga biar rasa sushi semakin enak di dalam mulut kita. Selain itu, dengan nggak menghancurkan bentuk sushi, hal ini menjadi salah satu cara kita untuk menghormati bentuk yang memang sudah dirancang oleh chef dengan sempurna.

 

Pakai nikiri shoyu biar lebih maknyus

Source: sushimodern.com

Biar rasa sushi jadi sedikit lebih asin, pakai kecap asin jepang atau nikiri shoyu sebagai saus yang diletakan di atas sushi. Tapi, kamu harus ingat, jangan rendam nasi di sushi kamu dengan nikiri shoyu lho. Soalnya, hal ini bakan merusak citarasa daging ikan yang punya ciri khas tersendiri. Ingat, kan yang kamu makan itu sushi-nya, bukan kecap asinnya, hehehe. Jadi, nikiri shoyu bisa kalian aplikasikan sedikit di atas topping sushi kalian, atau bisa pakai jahe merah atau shoga yang biasanya disajikan terpisah di plate sushi kalian, dicelupkan ke nikiri shoyu dan diletakan di atas sushi kalian. Dijamin rasa sushi makin meledak deh dimulut kalian.

 

Jangan makan sushi secara terpisah

Source: kansaichick.com

Sama kayak kamu dan si doi, nasi dan topping sushi memang sudah diciptakan menjadi satu-kesatuan yang utuh, Superyouth, hehehe. Selain merusak citarasa, hal ini juga menjadi gestur yang sangat nggak sopan lho buat chef sushi yang dengan ketelitian dan kesabaran dalam menyajikan sushi yang sempurna di piring kalian. Selain itu, dengan memakan sushi lebih dari 1 gigitan juga nggak sopan, gaes. Sushi memang dirancang bentuk sekitar 6cm agar muat di dalam mulut kalian. Jika menurut kalian sushi yang disajikan terlalu besar, kalian bisa minta chef-nya untuk membuat ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, chef tersebut juga bisa memikirkan potongan daging yang terbaik sesuai dengan ukuran sushi kalian.

 

Sudah tahu kan cara makan sushi yang baik dan benar? Intinya, selain membuat setiap sushi yang masuk ke mulut kamu jadi lebih enak, cara-cara ini juga merupakan bentuk penghormatan kita kepada chef sushi, gengs. Sama seperti Tuhan yang telah merancang setiap diri kita sempurna dimata-Nya, demikian juga chef yang udah memikirkan dan merancang sushi yang tersaji di piring kita dengan skill dan perencanaan yang matang, Superyouth. So, pas lagi makan sushi bareng pacar, sahabat atau keluarga, jangan lupa buat praktik cara makan sushi yang baik dan benar ya, guys! Hehehe.

(YS)

Cover:

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *