Mengenal Body Shaming. Salah Satu Aktivitas Pembunuh Karakter dan Nggak Dewasa

Please log in or register to like posts.
News

Mungkin, body shaming atau mengkritik fisik seseorang sudah membudaya di lingkungan pergaulan kita. Awalnya mungkin sekadar basa-basi, sok perhatian, hingga sengaja demi mencari tawa untuk meningkatkan popularitas di kalangan teman-temannya.

Superyouth, selain memangkas kepercayaan diri teman kamu, ini yang perlu kamu perhatikan tentang body shaming.

 

Body shaming itu jahat kayak bullying

Source: thesource4parents.com

Mungkin, kata-kata kamu kayak, “Kamu gendutan, ya.” cuma bermaksud menyatakan perhatianmu sama teman kamu. Tapi, apa yang menurut kita baik belum tentu baik bagi orang lain. Mereka bisa saja sakit hati sama ucapan kamu itu. Dan jahatnya lagi, beberapa diantara kita malah nge-cap dia sebagai orang yang gampang baper karena kata yang sensitif dari kita. Bahkan, mungkin dia pun sedang berjuang dan berusaha keras buat merubah bentuk tubuhnya.

 

Efeknya Fatal

Source: cindyuncorked.com

Tekanan dari body shaming cukup fatal lho, Superyouth. Seseorang bisa aja ngelakuin diet ketat, kayak minum air aja tanpa makan supaya kadar karbohidrat dan protein mereka turun sehingga berat badannya turun dalam waktu yang singkat. Semuanya demi tujuan agar terlihat cantik sesuai dengan standar kecantikan di lingkungannya. Boro-boro kurus, justru penyakit dan depresi yang mereka derita. Mulai dari jatuhnya harga diri, depresi, dan penyakit mental seperti bulimia dan anoreksia nervosa.

 

Bentuk tubuh bukan parameter kecakapan seseorang

Source: bodylovematters.com

Pada dasarnya, semua orang terlahir cakap. Setiap orang mempunyai potensi untuk menjadi lebih baik. Yes, cantik itu relatif, gengs. Tapi, bentuk fisik itu nggak menjadi parameter kecakapan seseorang, lho. Semua orang pasti punya daya tariknya sendiri, entah itu bakat atau cara bersosial dengan orang lain. Bentuk tubuh bukanlah suatu tekanan untuk tampil cantik. Apa yang kita perlukan yaitu menjaga kesehatan tanpa dipengaruhi pandangan terhadap diri sendiri yang negatif. Dan yang perlu kamu ketahui, manusia adalah ciptaan yang paling sempurna dari semua ciptaan Tuhan. Allah menciptakan kita serupa dengan gambarannya, Superyouth! So, berhentilah menilai orang lain dari fisiknya ya, sobat muda. Hehehe.

 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui soal body shaming. Perlu diingat, setiap orang mempunyai bentuk tubuh ideal yang berbeda walaupun sudah mencapai berat badan ideal sekalipun. Yang terpenting adalah menjaga kesehatan tanpa dipengaruhi oleh body image yang negatif. Nggak jarang kan, kalo kita menemuin seseorang yang menyimpulkan bahwa dirinya sangat gemuk padahal kenyataannnya nggak segemuk itu? Inilah salah satu efek dari body shaming yang sudah mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jadi, daripada kita gunakan mulut buat merendahkan dan nggak menjadi berkah buat orang lain, mendingan kita minta sama Tuhan buat memberikan hikmat dalam berkata-kata.

(YS)

Cover: preen.inquirer.net

Reactions

0
0
0
0
0
0
Already reacted for this post.

Reactions

Nobody liked ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *